#curhatsis : Pengalaman Pertama Jahit Kebaya


Kapan hari, saya baca postingan salah satu teman di instagram. Dia nge post foto sedang di sebuah acara pernikahan, dan dia tulis captionnya, "Bulan kondangan nasional."

Nah, saya setuju, tuh. 

Malah kalo saya sih bilangnya bulan September ini adalah, "Bulan Baper Nasional." Hehehe.

Gimana enggak, dong? 

Undangan nikahan nggak cuma satu atau dua. Pergi kemana-mana pasti ketemuuu aja acara nikahan. Buka sosmed apapun, pasti muncul foto orang-orang lagi kondangan. 

Buat saya yang lagi dalam masa penantian  (baca: jomblo nggak pake akut), ini tuh bikin Baper sekaleee pemirsaa. Hahaha. *kasian* *pukpuk*

 Oke, oke. Mari kita tinggalkan bahasan yang kalo dilanjutkan bisa jadi ajang curhat masalah finansial ini (sehubungan dengan tradisi buwuhan yang mengancam kesejahteraan tabungan :p ). 


Nah, dari salah satu undangan yang saya dapat, salah satunya adalah dari sepupu saya. And lucky me, saya dapat kiriman kain dari tante saya untuk seragaman pas acara resepsi nanti. 

Hah. 

Karena sebelumnya saya nggak pernah dapat seragam dalam bentuk kain, saya panik dong. Apalagi nih, Fyi, ini kain dikasih nya nggak ada sebulan sebelum hari H! Jadi acaranya tanggal 20 September, kan, nah ini kain dikasihnya sekitar akhir bulan Agustus. Panik dong saya! 

Hal pertama yang muncul di kepala saya adalah tante saya yang satunya. Beliau ini dulunya penjahit, tapi karena satu dan lain hal, beliau memutuskan untuk nggak menerima jahitan lagi. Padahal mesin jahit dirumahnya masih ada dan berfungsi dengan baik. 

Eh tapi, ternyata tante saya nggak sanggup jahitinnya. Soalnya beliau sama anaknya juga dapat kain seragam dan dalam waktu kurang dari sebulan beliau nggak sanggup jahit kebaya sampe tiga biji. 

Aduh, panik lagi saya. 

Akhirnya saya tanya temen saya di tempat ngajar (waktu itu saya belum resign). 

Saya tanya, "Miss, pernah jahit kebaya, nggak?" 

Temen saya jawab, "Pernah Miss. Sampean mau jahitin kebaya?" 

Saya mengangguk sambil nanya kisaran harga jahit kebaya. Dan jawaban temen saya langsung bikin saya syok. 

Harganya lebih dari setengah jeti! 

Temen saya nunjukin foto kebaya punya dia. Saya kiranya, sih, yang lebih dari setengah jeti itu jahit kebaya buat nikahan yang mewah gitu. Eh ternyata kebaya simpel buat dateng ke kondangan. What?!

Gara-gara percakapan itu, saya jadi nyiapin budget tinggi buat jahit kebaya tok. Tapi nggak sebanyak punya dia sih, soalnya dia bilang dia jahit di butik makanya mahal. 

Saya siapin budget sekitar 350-400 ribuan (dengan catatan, nggak boleh jajan seenak udel selama dua bulan. Haha)

Dan mulailah saya googling. 

Dan bertambah setress lah saya setelah googling.. 

Soalnya dari beberapa tulisan yang saya baca di beberapa blog, sebagian besar dari mereka punya pengalaman nggak wenak tentang jahit menjahit kebaya ini. 

Mulai dari yang biayanya tinggi tapi jahitannya jelek, sampe ketemu penjahit yang ajaib bin nekat, yang udah H-1 lain dari si mbak nya belum dipotong sama sekali. 

?!&¥+#*#+!!

Puyeng saya.

Makin desperate, saya sebar pertanyaan lewat status bbm. Siapa tahu ada yang pernah jahit kebaya atau ada yang punya kenalan penjahit kebaya di Gresik, jadi nggak perlu jauh-jauh ke Surabaya. 

Dan.. banyaaak banget temen saya yang kasih info. Thanks, love you :*

Ada yang pernah jahit di JMP, harganya hampir sama atau lebih rendah sedikit dari budget yang saya siapin. Ada yang punya kenalan penjahit di Gresik, pernah jahit disana. Hasil bagus, harga jahit atasannya aja sekitar 100rb. Nah dari sini saya mulai lega. 

Terus saya balik ke tante saya yang mantan penjahit, minta pencerahan.

Beliau bilang baru inget, kalau tetangga di sebrang jalan ada yang terima jahitan. Coba aja kesana dulu. 

Nah, disini saya sudah punya dua pilihan. Ke penjahit temen saya yang di Gresik, atau ke tetangga saya. 

Waktu itu saya lebih condong yang di Gresik. Soalnya temen saya bilang jahitannya bagus. 

Tapi tante saya nyaranin ke tetangga saya dulu aja dicoba, siapa tahu biaya nya lebih murah. Iya juga, sih, pikir saya. 

Akhirnya tanggal 2 September saya ke rumah tetangga saya itu. Saya tanya bisa jahit kebaya nggak, saya bilang kapan tanggal dipakenya, saya kasih tau modelnya kayak apa, atasan model kutu baru, bawahnya model rok lilit. 

Beliau bilang oke, dan ngasih estimasi harga sekitar 100rb satu stel. 

WHAT??

Entah kenapa saya jadi riang banget denger estimasi harga itu. Hehe. 

Dan di kepala saya langsung tersusun rencana soal beli heels yang pantes di pasangin sama kebayanya, huehehe. (selama ini saya nggak pernah punya heels, flat shoes semua).

Tanggal 13 September, saya balik lagi ke tetangga saya itu. Niatnya sih saya mau ngecek jahitan saya. Belum punya harapan bakal bisa diambil hari itu juga sih. Seenggaknya saya mau coba dulu, siapa tahu ada yang harus dibetulin. 

Eh tapi ternyataaa..  

Kain saya belum disentuh pemirsaaah. Jangan kan di jahit, dipotong aja belum! 

M.A.M.P.U.S

Panic attack pun melanda saya. 

Semalemaan saya nggak bisa tidur. Ke inget temen temen saya yang bilang, mereka kalo jahit kebaya biasanya sekitar dua minggu lah baru jadi. Lah ini, udah H-7 kain saya masih tergeletak cantik di meja jahit. 

Padahal heels sama pashmina warna senada sudah bertumpuk elegan di lemari saya...

Padahal saya sudah bayangin bakal pake kebaya di resepsi sepupu saya nanti...

Padahal saya...

Ah sudahlah.  

Saya berusaha optimis. Saya berusaha percaya sama si Ibu. Apalagi beliau berjanji tanggal 18 kebaya saya bakal selesai.

Tanggal 18 September, saya balik kesana. Jujur deh, saya deg-deg an banget. Banget. Banget. Saya sengaja ngajak sepupu saya buat ngambil jahitannya, jaga-jaga siapa tahu saya pingsan saking syok nya (kalo ternyata belum jadi).

Dan.. Tadaaaa!

Kebaya saya belum dijahit pemirsaaa! 

AAAAAAAH!!!! ADUUUUH!!

Dengan nahan rasa pengen nangis garuk garuk tembok, saya pulang. Mampir ke rumah tante saya, curhat, dan tante saya pun bereaksi persis seperti yang saya harapkan. Sebel sama si Ibu penjahit. 

Beliau bilang, dirinya dulu waktu masih aktif jahit, nggak akan terima semua jahitan demi uang. Yang penting itu kepuasan customer dan nama baiknya. Lima hari sebelum hari H, jahitan udah harus siap diambil. Jadi kalo ada yang kurang cocok, masih ada waktu buat benerin. 

Tambah miris deh saya.  

Saya lihatin sepatu sama pashmina saya. Bubar deh bayangan masangin mereka dengan kebaya cantik yang pas di badan. 

Saya sih nggak punya feeling buruk banget kaya kemungkinan kebaya nggak jadi dan saya terpaksa nggak seragaman pas hari H. Tapi saya pesimis kalo jahitannya bakal rapi. 

Saya jadi inget salah satu cerita di blog, yang tadi sempet saya sebutin, yang kebayanya dijahit H-1, dan hasilnya nggak rapi blas. Jelek. 

Duh. 

Saya pun mempersiapkan diri saya untuk memakai kebaya yang jahitannya nggak memuaskan..

Saya pun menghibur diri saya dengan heels baru saya yang saya suka banget.. 

Saya pun menghibur diri saya bahwa nanti bisa ke tolong sama make up yang bagus (dan saya berharap Make Up Artist yang disewa tante saya bagus)..

Besoknya, tanggal 19 September malam, saya balik lagi. Kali ini saya ngajak keponakan saya yang masih kelas 2 SMP. Alasannya, soalnya dia itu temen yang oke buat saya tanyain soal penampilan saya. Kalo bagus dia bilang bagus, kalo jelek dia bilang jelek (sambil takut takut haha).

Pas saya sampai, ternyata si Ibu lagi proses jahit rok lilit saya. Dan saya lihat kebaya saya sudah dalam bentuk kebaya, teronggok manis di meja jahitan. 

Perasaan lega luar biasa menyelinap di hati saya. Alhamdulillah, lumayan. 

Saya disuruh fitting. (Dan ternyata kebayanya belom di pasang kancing -_-). 

Entah karena belum selesai dijahitnya apa memang kegedean, saya nggak sreg sama jahitannya. Kebayanya bikin  saya kelihatan gede banget di bagian pinggul. Kayak emak emak.

Tapi yaudahlah ya, yang penting besok bisa dipakai. 

Saya niatnya mau nungguin malam itu, tapi si Ibunya bilang, besok aja pagi pagi diambil. Iya juga, sih. Udah malem juga waktu itu. 

Akhirnya saya pulang dan balik besok paginya. 

Sekitar jam setengah sembilan saya kesana dan mendapati satu stel kebaya saya sudah dijahit. Tinggal atasannya aja yang baru selesai dipasangi kancing.

Sip.

Saya coba fitting lagi dan tetep nggak sreg di bagian pinggul.  Akhirnya saya minta di kecil in sedikit, dibikin pas body. 

Beliau menyetujui, dan saya disuruh ambil sejam an lagi. 

Oke.

Sesuai janji, saya balik sekitar jam setengah sepuluh. Dan satu stel kebaya saya sudah terlipat rapi di dalam plastik. Si Ibu bilang, kebayanya udah tinggal pake, soalnya sudah sekalian disetrika. Aah makasii :*

Pas bayar, saya kaget lagi pemirsaa..

Kenapa??

Karena ternyata lebih murah dari ekspektasi saya! 

Berapa? 

Sembilan puluh ribu rupiah!

Muraaah,  yeay! 

Kesel saya kemarin kemarin rasanya langsung luntur gitu aja hehe. 

Apalagi pas saya coba dirumah, kebayanya jadi pas body dan bagus banget di badan saya. Jahitannya rapi. Dan rok lilitnya sesuai ekspektasi saya. 

Horeeee!!

Seneng banget, deh. Saya jadi pengen jahit lagi disana. Tapi nanti deeeh kalo ada perlunya hehe. 



Malamnya saya jadi super pede waktu di acara resepsi. Apalagi ternyata rias nya bagus, dan model hijabnya juga keren. Bisa bikin pipi tembem saya nggak kelihatan. 



Sueneng pol, deh! Hihihi. 

Saya malah pengen balik ke rumah tetangga saya itu dan bilang makasih, karena kebayanya cantik banget : )



8 write your opinion here:

  1. Assalamu'alaikum.. Mbak boleh tanya alamat penjahit nya.. Istri saya lagi cari penjahit kebaya di Gresik.. Matur suwun

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.. Mbak.. Boleh share alamat penjahitnya dmn? Kebetulan lagi cari nih penjahit kebaya di surabaya, selain yg di jmp.. Makasiii

    ReplyDelete
  3. Rumah jahit dhivine menerima pembuatan wedding gown,dress,dan kebaya.lokasi sukidono sidoarjo.kualitas butik rapi halusan.
    Wa 082131274028

    ReplyDelete
  4. Tukang jahit di greaik yang bagus namanya apa? Alamat dimana ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Permisi kak, boleh share alamat penjahitnya ?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum...yg butuh jasa jahit lengkap dg desain silahkan langsung wa 085648770580,sudah banyak testimoni pelanggan ,lbh jelasnynya bisa langsung tanya di no.kontak tertera,terimakasih

    ReplyDelete

 

FOLLOW ME ON TWITTER TOO!

BE FRIENDS ON FACEBOOK!