Explore Surabaya : Surabaya North Quay



Hari Minggu kemarin, sebenernya saya agak nggak enak badan. Tapi saya terlanjur punya janji buat ngajakin ponakan ponakan saya jogging di pagi hari dan jalan jalan sama sepupu saya siang harinya.
Karena janji adalah utang, dan saya takut nggak bisa masuk surga gara gara belum bayar utang (hehe), akhirnya saya tepati janji saya. Untung saya ini setrong 

Janji jalan jalan dengan sepupu saya ini sudah kami bikin sejak lamaa. Melewati beberapa kali diskusi alot (halah) sampai akhirnya terlahirnya sebuah kesepakatan buat pergi ke tempat wisata baru di Surabaya yang lagi hits-hitsnya, Food Junction.

Eh tapiii, entah setan apa yang mampir ke otak kami, sampai berhasil bikin kami berubah haluan di detik detik terakhir 

Kami akhirnya malah pergi ke Surabaya North Quay.

Tempat wisata ini juga masih baru, dan memang lagi banyak destinasi jalan jalan baru di Surabaya. Keren abis, lah.

Surabaya North Quay ini sendiri letaknya ada di lantai 3 bangunan Terminal Gapura Surya Nusantara.

Aksesnya juga gampang banget. Dari perempatan palembung tinggal belok kiri ke jalan perak timur terus luruuuusss aja sampe mentok ketemu pelabuhan tanjung perak.

Berhubung saya maupun sepupu saya nggak ada yang bisa nyetir (selalu begini haha), jadi kami memanfaatkan fasilitas umum yang paling terjangkau, angkot.

Kami berangkat dari Gresik naik len SG yang mobil kijang warna ijo pupus. Ongkosnya cuma 6rb per orang.

Karena ini bener bener pertama kali nya kami main ke Surabaya North Quay atau ke daerah perak (yang saya pikir jauh banget), kami memutuskan untuk order Uber saja daripada nyasar, hehehe.

Dan ternyata nggak jauh, loh. Kami sebenernya bisa turun angkot di jalan perak timur dan oper angkot putih yang jurusan nya memang ke perak. Tinggal sruuuuut-jalan dikit-nyampe, deh.

Masuk ke area pelabuhannya kita disuruh bayar 11rb untuk satu mobil. Mungkin beda ya kalau pake motor, saya nggak tahu. Ongkos Ubernya sendiri, dari JMP sampai ke Surabaya North Quay cuma 27rb. Dibagi dua jadi lumayan lah murah, hehe.



Sampai di Surabaya North Quay, kami diarahkan buat naik ke lantai 3. Pas naik, pertama kali yang ada di pikiran saya adalah,

"Wiiih, laut! Akhirnya bisa lihat laut!!"

Iya. Saya memang senorak itu -_-

Ketika pertama kali muncul di lantai tiga, kita akan melewati sebuah ruangan indoor yang isinya kayak display budaya budaya Indonesia gitu. Terus ada foodcourt yang kalo saya bilang, sih, lebih cocok disebut kantin ya, soalnya nggak seberapa luas, dan jenis masakannya nggak banyak. Tenant-tenant nya juga saya nggak familiar. Cuma teh tong ji yang saya tahu. Hehe.

ini area galeri. foodcourtnya nggak sempet difoto, hihi



Selain itu, disini juga disediakan smoking room yang menurut saya keceh sekali. Saya dan sepupu saya malah memanfaatkan area ini untuk berlindung dari matahari. Nongkrong lama, sambil minum tong ji, foto-foto, terus pas matahari udah mulai kalem, baru deh, kami keluar lagi ke tempat indoor. Huehehe.



Setelah itu, kami langsung menuju tempat yang jadi "gong"nya Surabaya North Quay ini. Tempat outdoor dengan view langsung menghadap laut. Keren abis. Saya jatuh cinta dengan tempat itu (nggak termasuk sinar matahari berlebihan yang bikin saya susah melek - kebetulan waktu itu kami sampai sekitar pukul tiga sore, pas matahari masih eksis eksisnya).





Kebetulan, waktu itu sedang ada kapal penumpang yang bersiap siap akan berangkat. Dan ini menghalangi niat saya yang pengen foto dengan latar belakang laut, ketutupan dengan badan kapal yang gede banget (oke ini nggak penting). Nggak berapa lama, kapal itu berangkat dan taraaa! View lautnya jadi lebih jelas kelihatan. Jadi jauh lebih indah  *camera ready mode on*





banyak banget yang bikin laper, eh, baper

Di tempat outdoor ini juga dilengkapi dengan meja-meja untuk duduk-duduk santai, lantainya dilapisi rerumputan sintetis, dan sofa-sofa bantal yang nyamaaan banget. Rasanya saya mau deh tiap sore kesini, nungguin sunset sambil leyeh-leyeh syantik, hehe.














Oh ya, selain itu, yang saya suka dari tempat ini adalah kondisi toilet dan musholla nya yang bersih. Dua tempat ini merupakan tempat tempat yang penting buat saya, dan saya seneng banget kalo di tempat yang saya kunjungi, toilet dan musholla nya bersih. Bikin nggak ragu buat balik lagi :)



Di lantai 3 ini juga ternyata merupakan kantor Divisi Pelayanan Kapal yang pada hari itu lagi kosong karena libur. <----- useless information, abaikan (yaiyalah libur, lah itu kan hari Minggu Mbak eee :p )

Saya jadi pengen ngelamar kesitu. Pasti enak. Kalo suntuk sama kerjaan, bisa langsung lihat view laut. Bisa langsung fresh secara instan.



Kami berada disini cukup lama, mulai dari jam tiga an sampai jam lima. Mulai dari yang panasnya kayak lagi dipanggang, sampai udara jadi enak banget, mendung mendung segar dengan angin nggebes yang bikin masuk angin 

anginnya bikin berasa lagi syuting video klip

Sebelum bener-bener pulang, kami mampir dulu ke lantai dua, tempat dimana kegiatan perpelabuhanan (kosakata macam apa ini?) dan kegiatan para penumpang dilaksanakan. Disini ada ruang tunggu, area tamu dll. Bagus banget juga desain interiornya. Saya jadi berasa lagi di airport,  nungguin kang mas pulang, (kang mas yang mana???) hehe.





this is so romantic :)

Pulang dari sini, kami order Uber lagi. Oh ya, ternyata ongkos masuk pelabuhannya beda beda sesuai kebutuhan, ya? Soalnya driver Uber pesanan kami ini, kan kami minta buat jemput di depan gedung terminal, jadi pas masuk pelabuhan beliau bilang mau jemput penumpang, bukan mau ke Surabaya North Quay. Dan biaya masuknya jadi cuma 7500 rupiah. Hmm. Tau gitu pas berangkat tadi bilang aja ya mau ke pelabuhannya hehehe.

Oh ya, pas di Surabaya North Quay, kami sengaja nggak makan. Nggak ada makanan yang ditaksir sepupu saya, lah saya jadi ikut ikutan nggak nafsu, hehe. Jadi kami berniat cari makan diluar, sekalian jalan pulang. Saya inget, di jalan indrapura yang nanti kami lewati pas mau balik ke gresik, banyak banget penjual makanan kaki lima gitu sore sore begini.  Berjejer jejer di depan Gedung Keuangan Negara. Saya ngusulin buat nyari makan disana. Penyetan sounds great buat dimakan sore-sore mendung begini 

Nah sampai disana, driver Ubernya nurunin kami di depan salah satu tenda penyetan (kebetulan di jalan, kami curhat sama bapaknya kalo kami laper, haha), kata beliau enak dan murah. Oke, deh.

Kayaknya, sih, apa kata si bapak driver Uber bener, deh. Soalnya penyetannya lagi rame. Sayangnya, kami lagi nggak feeling buat makan rame-rame, jadi kami jalan lagi, milih-milih mau makan apa.

Beberapa tenda dari penyetan tadi, kami nemu penjual bakwan. Namanya, Bakwan Marem. kami memutuskan untuk makan disitu.



Daaaan.. enak banget pemirsaaa!! Jadi bakwannya ini isi lima (bakso kasar, bakso halus, siomay goreng, siomay kukus, tahu bakso) yang kelima-limanya itu ukurannya gede. Jadi jelas bikin kenyang.

Enak nggak?

YESS!! ENAK BANGET BENERAN! LANGSUNG JADI FAVORIT!!

ehm, sori kepsloknya eror, hehe.

Harga bakwan ini seporsi 15rb. Murah, ya, kan? Enak lagi. Saya mau deh balik lagi kapan kapan, hehe.

Setelah kenyang, saya dan sepupu saya pun balik ke gresik naik angkot yang bisa langsung nyegat di depan bakwan marem tadi.

Sumpah, hari minggu kemaren itu one of my super, good, and favorite day. Jalan jalan ke tempat yang bisa ngeluhat laut, dapat foto-foto bagus, plus makan enak. Saya jadi lupa kalo hari itu saya lagi nggak enak badan. Horeee!!



0 write your opinion here:

Post a Comment

 

FOLLOW ME ON TWITTER TOO!

BE FRIENDS ON FACEBOOK!